Wednesday, 8 June 2011

KISAH BAYI YANG TERTUKAR SELAMA 56 TAHUN


Bayi Kembar Tertukar Di RS Pioneer, Terungkap 56 Tahun Kemudian
INI benar-benar kisah yang mengharukan. Setelah tertukar selama 56 tahun, seorang anak bisa bertemu kembali dengan saudaranya, sedangkan sang ibu telah meninggal.

Begini kisahnya: Tahun 1953, lahirlah dua bayi di RS Pioneer Memorial, arah timur kota Heppner, Oregon, Amerika. Keduanya diberi nama DeAnn Angell dan Kay Rene Reed.

Waktu itu, ibu kandung DeAnn Angell, Marjorie Angell, yakin bahwa bayi yang diserahkan oleh perawat kepadanya bukanlah anak kandungnya. Tapi, si perawat tidak menggubris. Maka, Marjorie pun membawa pulang seorang orok yang kemudian diberi nama Kay Rene Reed.

Intuisi seorang ibu tak bisa dibohongi. Marjorie yakin seyakin-yakinnya bahwa Kay Rene bukanlah anak kandungnya. Hal ini pun menjadi buah bibir di kalangan tetangga, sampai bertahun-tahun, sampai akhirnya Tuhan menunjukkan jalan untuk mempertemukan Marjorie dengan anak kandungnya, DeAnn Angell.

Ya, setelah 56 tahun kemudian, ada seorang wanita berusia 83 tahun, yang mengenal ibu DeeAnn dan Kay, memperlihatkan sebuah foto kepada Bobby Reed, saudara Kay Rene..

Awalnya, wanita tua itu menelefon Bobby, memberi tahu bahwa dirinya mengenal ibunya yang sudah tua, yang tinggal di sebelah rumah keluarga Angell di Fossil. “Dia ingin mengeluarkan beban berat dalam dadanya,” kata wanita itu kepada Bobby.

Bobby kemudian menemui wanita itu di sebuah panti jompo, tempat wanita itu dirawat. Wanita itu mengatakan bahwa Marjorie Angell bersikukuh telah membawa pulang bayi yang salah pada tahun 1953.

Wanita itu lantas menunjukkan ke Bobby sebuah foto tua. Bobby menyadari bahwa foto itu terlihat seperti foto saudaranya, Kay Rene. Tapi, wanita itu mengatakan bahwa gadis kecil yang ada di foto itu adalah saudara DeAnn Angel. Lalu dia menjelaskan bahwa Kay Rene bukan keluarga Reed tapi DeAnnlah yang harusnya jadi keluarga Reed.

Tentu saja hal itu membuat Bobby bingung. Dia tidak ingin menyakiti siapa pun atau mengubah keadaan yang sudah berjalan. Tapi, kemudian dia mengatakan hal ini pada kedua saudara tertuanya yang kemudian salah satu di antara mereka mengatakan hal itu kepada Kay Rene.

Karena kedua orangtua DeAnn dan Kay Rene sudah meninggal, ini cukup menyulitkan kedua belah pihak untuk mengonfirmasi kebenaran hal itu. Tapi, mereka tak kehilangan akal. Mereka melakukan riset data dari keduanya, membandingkan beberapa kabar dari orang-orang di sekitar mereka, dan akhirnya DeAnn mendapatkan telefon dari saudaranya, Juanita.

Juanita menanyakan, “Ingatkah kamu tentang rumor bahwa kamu tertukar dengan bayi lain?”

Begitu juga dengan Kay Rene, butuh waktu lama untuk memahami apa yang terjadi. Kemudian Kay Rene, Bobby, dan saudaranya yang lain, Dorothy, bertemu dengan DeAnn di sebuah klinik di Washington untuk melakukan tes DNA.

Dokter mengatakan DNA DeAnn dan Kay Rene akan dibandingkan dengan Bobby dan Dorothy untuk menentukan apakah ada hubungan keluarga di antara mereka.

Seminggu kemudian, Kay Rene membuka amplop hasil dari tes DNA itu di mobilnya. Keinginannya untuk tetap menjadi saudara Bobby dan Dorothy ternyata tidak terbukti. Dia bukan adik kandung Bobby. Kay Rene pun menangis. Dia mengaku ingin sekali tetap menjadi keluarga Reed. Di sisi lain, dia juga mulai merasakan bahwa hidupnya yang sekarang seperti bukan hidup yang sebenarnya.

Sedangkan laporan hasil tes DNA dari DeAnn menyatakan bahwa 99,9 persen DNA-nya cocok dengan Bobby dan Dorothy. DeAnn yang sekarang tinggal di Richmond, Washington, mengatakan bahwa laporan itu dia beberkan setelah dia mendapatkan persetujuan dari Kay Rene setelah melakukan pertemuan.

Pioneer memorial Hospital sebagai pihak yang sebenarnya bertanggung jawab atas kejadian ini menawarkan bantuan untuk konseling, tapi keduanya menolak. Keduanya sekarang menjadi teman.

No comments:

Post a Comment